Sabtu, 20 April 2013

20 Film Action Holliwood (2005- 2012) - Part 1


20 Film Action Holliwood (2005- 2012)


20.Avatar (2009)
19.The Avengers (2012)
18.King Kong (2005)
17.Batman : The Dark Knight (2008)
16.Transformers 3 : Dark in the Moon (2011)
15.The A- Team (2010)
14.Die Hard 4.0 (2007)
13.Mission Imphosible 3 (2006)
12.Harry Potter - The Deathly Hallow Part 2 (2011)
11.Terminator Salvation (2009)
10.The Hobbit (2012)
09.Fast Five (2011)
08.300 (2006)
07.Pirates of Carribean - At World's End (2007)
06.Wanted (2008)
05.War of The Worlds (2005)
04.Star Trek (2009)
03.Total Recall (2012)
02.Tron : Legacy (2010)
01.James Bonds : Quantum of Solace (2008)


            Well, list di atas adalah 20 film action holliwood pilihan gw yang rentang waktunya mulai dari tahun 2005- 2012. List di atas gw ambil tiap tahun ada yang 2 film atau 3 film. Walaupun film- film ini banyak yang bersequel, namun di dalam list di atas gak ada yang gw ambil pada sequel yang sama. Hal ini dikarenakan kalau gw ambil pada sequel film yang sama bakalan jadi list yang monoton (contoh Transformer khan hampir tiap 2 tahun sekali ada, yah mosok 3tiganya bakalan gw masukin semua karena tiap Transformer nongol menunjukan bahwa film itu bakalan jadi film visual efect terbaik pada tahun tersebut). Yah, memang beberapa sutradara ada yang serupa namun tidak pada judul sequel yang sama. List di atas berdasarkan 4 range. 01-05 ini nih range film pembuka, pokoknya dapet kesan first impression yang asoy tapi gak terlalu jadi film yang primadona. 06-10 ini range film yang walau gak se fresh yang pertama tapi lebih ngetrend. 11-15 ini range mulai dari film yang jadi agak primadona sampai yang primadona. 16-20 nah ini pertunjukan inti, primadona filmnya ditaruh di sini semua. Setiap range gak ada tahun yang sama biar random gitu. Baiklah ini penjabarannya kenapa film- film ini bisa gw tongolin ke dalam list. Cekidot gan..
Tahun 2005
            Nah, ini dia penjabarannya kenapa list ini gw awali dari tahun 2005. Sedikit gw analisa mengenai perkembangan action di holliwood, gw fikir tahun 2005 adalah awal dari plot, ide cerita, maupun perkembangan visual effect semakin baik. Tahun 2005 adalah awal film action kalo kita tonton di tahun sekarang (2013), kita gak akan bilang tuh film jadul! Yups, lw nonton film action tahun 2005an sama lw nonton film 2012an mah hampir gak keliatan bedanya. Cuman sih emang kalo lw nonton di bioskop 3D bakalan ada bedanya kalo tahun 2010 tuh awal tahun orang- orang banyak nonton bioskop pake kacamata item.Ihihi. Film action di tahun ini ditaburi dengan banyak film action berkualitas dan bervisual effect yang keren2. Mulai dari Star Wars, The Island nya Michael Bay, sampai seorang Cristoper Nolan yang mengawali sequel Batmannya yang memorabel itu. Langsung cekidot kenapa gw taro’ 2 film di bawah ini ini di list atas.
05. War of the Worlds
Kewajiban gw kalau filmnya Steven Spielberg harus gw masukin ke dalam list film action. Bagaimana tidak? Dalam kalangan eranya si kakek tua ini memang beliau udah banyak banget bikin karya yang selangkah lebih maju di bidang visual efek. Sutradara ini sangat baik kalau urusan film yang mengenai genre petualangan (alurnya perjalanan tokoh protagonis yang melakukan perjalan dari tempat A ke tempat B). Sutradara ini juga banyak banget bikin film mengenai Sci- Fi maupun perang- perangan (walaupun banyak juga yang drama sih). Uniknya kalau nonton film yang digarap si kakek ini kita seperti di dongengin sama do’i. Sekalipun berantem kicol- kicolan selama yang bikin si Spielberg secara akting aktornya tetap terasa indah dan gak terlalu sadis. Baiklah, War of the Worlds sendiri mengisahkan bumi yang diserang alien. Nah tokoh protagonisnya Ray Ferier (Tom C) bersama keluarga ngungsi dari rumahnya ke rumah bapak ibunya. Selama perjalanan, berbagai hal terjadi mulai dari mesin- mesin mati, ancur- ancuran kota gara- gara alien, orang- orang yang mulai sarap, ketemu si Tom Hank, pertempuran alien tentara, dan lain sebagainya. Gw males eksplorasi, lw tonton sendiri aja yak bagaimana si Tom Cruise CS mati- matian kabur dan bertahan hidup dari serangan brutal alien yang membabi buta menggenoksida seluruh umat manusia (ngomong2 ini nih film tersadisnya si tukang dongeng). Gak usah nunggu tahun 2009 biar bisa nonton 2012. Di tahun ini film yang brutality nya kayak film 2012 udah diciptain si kakek Spielberg.
18. King Kong
King Kong? Liat aja muka cover depannya. Bakal langsung dapet kesan nih monyet gede bakal banyak ngancur- ngancurin tempat. Hal ini juga yang ngebuat gw memutuskan ini sebagai primadona film dari list gw. Bagaimana enggak, sutradara maniak si Peter Jackson ini bikin film yang durasinya 3jam lebih, full action, dan tentunya visual effect si Jackson gak usah diragukan lagi. Di tahun ini termasuk yang Parah keren! Yah kalo si Spielberg itu eranya kakek yang visual effectnya selangkah lebih maju. Tapi buat jaman sekarang, si Jackson ini bener- bener masternya visual effect (walau ada pesaingnya si Bay). Kenapa dia bisa begitu master, nah ikuti aja pembahasan ini sampai 2012, bener- bener profesor film. Well, anda akan disuguhi full action selama 3 jam perang- perangan antara manusia v.s monster, monster v.s monster, manusia v.s manusia, ngancur- ngancurin gedung, dan kalo nonton ini jangan lupa kencing dulu takutnya 3jam dah keasyikan lupa kencing lagi.

Tahun 2006
            Tahun yang menurut gw gak terlalu banyak film actionnya. Walau begitu beberapa film benar- benar memorable untuk di tonton. Anggap aja film 300 dan Mission Imphosible 3 tuh dua film action memorable buat gw. Selain itu ada juga Superman Return, Blood Diamond, Casino Royale, Xmen Last Stand, Pirates of Carrebian Deadman Chest yang membuat gw takjub.


08. 300
Ngembre- ngembre, gw ngefans sama sutradanya yang buat ini. Soalnya sutradara ini bisa bikin visual effect yang detail. Kalau si kakek filmnya gak terlalu sadis, nah kalau ini masternya bikin film sadis. Kalau bikin effect darah moncrot yah ini nih Zack Snyder ahlinya. Sebetulnya uniknya orang ini memiliki gaya pembuatan film yang seolah- olah kita masuk ke dalam dunia komik. Bukan berarti ada cerita kita terbang ke dunia kartun komik kayak karyanya dia yang lain (Watchmen), tapi katanya para pakar dia bisa bikin emosional effect yang sebetulnya cuman cocok kalau divisuasikan di karakter animasi kartun. Nah dia ngebuktiin ternyata cocok juga dan gak keliatan norak kalau efek efek emosi kartun dipake di film orang beneran. Nah film ini sendiri bercerita tentang Leonidas raja Spartan bersama 300 pasukannya melawan tirani si raja Persia masa itu (Xerxes). Film ini termasuk masterpiecenya si Snyder karena emang nih film selain action, dramaticalnya juga luar biasa mengharukan (tunggu aja sampai Man of Steel keluar, apakah masterpiecenya akan berganti?). Pokoknya jangan gila nonton film ini, banyak darah yang akan keluar.
13. Mission Imphosible 3
Bum.. Bum.. Bum.. Kalau buatannya si J.J Abrams wah bakalan ada segmen ledak- ledakan yang jagoannya di tengah- tengah ledak ledakan tersebut. Walaupun MI:4 secara konsep lebih bagus dari MI:3, tapi efek ledakannya waktu si Ethan Hunt (Tom Cruise) lagi di jalan raya ini lho yang benar- benar memorable. Begitupun kalau kalian nonton film ini, kalian akan menikmati sederetan aksi brutal sosok ini. Film ini sebetulnya, film MI paling seru yang bakal kalian tonton. Mulai dari hal terkecil, saat introgasi, terus tembak- tembakan atap gedung, perang- perangan di gedung, ngancurin Lamborgini, wuih sebuah ketegangan dari awal hingga akhir cerita. MI:3 akan mewarnai kebrutalan film action di tahun yg gak banyak film actionnya.



Tahun 2007
            Beberapa film di tahun ini menginspirasi gw untuk suka dan hobi dan takjub lah pokoknya untuk nonton film- film visual effect holliwood. Film- film itu adalah Die Hard 4.0, dan Transformers. Beberapa film action di tahun ini juga merupakan sebuah tanda puncaknya klimaks trilogy pada film bersequel kayak The Bourne (walau ternyata diterusin sama sutradara dan tokoh baru) , Spiderman (walau diremake lagi), dan Pirates of Carribean (walau diterusin sama sutradara baru). Oiya, walau Transformer lebih brutal dibanding si Jack Sparrow, tapi gw lebih milih si Sparrow soalnya jelas gw milih Transformers 3 untuk dijadikan list. Sama ngomong- ngomong tahun ini nuansanya blue ya. Humf. Langsung cekidot aja ya lay..
07. Pirates of Carribean - At World's End
Sebuah akhir dari deretan gunung klimaks pada trilogy si bajak laut Jack Sparrow. Sebuah trilogy yang ditangani oleh Gregor Verbinski dengan gemilang. Sosok Jack (Jhonny Deep) di 168menit film ini membawa kita pada pertempuran terakhir melawan bosnya si Flyng Dutchman (kayak yang di spongbob) dan tekanan tirani pemerintah. Pokoknya film action yang kocak ini dipenuhi pertempuran- pertempuran masa tahun 1800an di eropa. Di mana setting tempatnya banyak di laut sehingga bakalan banyak pertempuran- pertempuran kapal laut yang luar biasa. Yang paling takjub buat gw saat lihat ending kapal Flying Dutchman sama Black Pearl ngepung kapal pemerintah terus dibabat habis. Slow motion yang keren! Salut.



14.Die Hard 4.0
Lha ini.. Si botak tua ini. Sekarang giliran aktor senior unjuk gigi (Bruce Wills). Sebuah film yang ngebuat si Wills dikenal dengan yipike-e nya dan sebuah film yang jadi masterpiecenya si Wills. Adalah seorang Len Wiseman yang menjadi sutradara filmnya si kakek tua ini. Sebuah film yang memadukan kerumitan teknologi maya bersama hacker dan pertempuran martial arts si kakek tuir yang amazing. Yah kalau ngomong- ngomong soal agen spionase, film MI harus bersaing dengan Die Hard dan James Bonds. Dan yang benar saja, anda akan disuguhkan sebuah pertempuran seru di mana Washington yang jadi sasarannya para dedengkot hacker. Anda akan menikmati ketegangan- ketegangan dan banyak adegan memacu adrenalin mulai dari tembak- tembakan, perkelahian martial arts, sampai ledakan- ledakan kayak terjungkirbaliknya mobil di trowongan, hancurnya helikopter dengan mobil, gedung meledak, sampai pertempuran antara si kakek tuir ini sama pesawat JET. Yah, pesaing MI telah datang. Siap- siap tegang!

Tahun 2008
            Well tahun 2008 ini banyak film action visual effect yang bagus- bagus. Dan tentunya dunia geger sama karyanya si jenius Cristopher Nolan (Batman : The Dark Knight). Makanya kenapa gw putuskan kalau gw lebih milih si Joker yang masuk List dibanding sequel terakhirnya di tahun 2012. Pada tahun ini juga ada kebangkitannya tokoh- tokoh Avengers yaitu Hulk (yang incredible Hulk)  dan Iron Man. Sangat mudah mencari film action di tahun ini, karena bertaburan film- film action yang siap untuk dinikmati. Maka ini adalah 3 dari banyak film di tahun 2008

01.James Bond : Quantum of Solace
Akhirnya pesaing kedua dari MI datang juga. Yups, inilah 007 James Bond siap memberi ketegangan pada penontonnya. Walaupun film Quantum of Solance merupakan cerita yang tidak sebaik Casino Royale dan Skyfall. Pada film James Bond yang dibintangi Daniel Craig sebagaimana dengan gaya plot masa kini termasuk sebagai film yang paling brutal dibanding semua episodenya si Daniel. Bagaimana tidak, anda akan disuguhkan pertarungan hebat saat si Bonds mengendarai kendaraan mulai mobil, kapal, motor, sampai pesawat. (kebetulan gak ada kereta, nah kereta adanya di Skyfall). Adegan martial arts dan tembak- tembakan juga mewarnai cerita ini.  Film ini disutradarai Marc Foster, sutradara yang nanti di tahun 2013 bakal nyutradarain film brutal lainnya yaitu World War Z. Ya sudahlah andai list ini terfollow up menjadi nobar, maka wellcome aja buat pemirsa untuk menikmati suguhan film pertama yang penuh aksi di setiap menitnya.

06.Wanted
Awas bro! Nanti kepala lw kena peluru nyasar! Yup’s karya out of the boxnya (padahal ini film saduran dari games) si Timur Bekmambetov siap membunuh sesuai takdir (soalnya nih orang kebiasaan bikin film vampire). Si Timur ini biasa bikin film dengan adegan- adegan yang sadis saat tokoh protagonisnya latihan. Jadi maksud gw, jalan menuju master itu kan sulit. Perlu latihan keras. Nah uniknya sutradara ini memberi  proses latihan pada tokoh protagonisnya hingga sang tokoh jadi master. Sebagaimana film ini, si Wesley yang berlatih menjadi pembunuh takdir yang dapat membengkokkan peluru. Tentu saja kalo udah ngomongin peluru- peluruan, film ini bakalan jadi film brutal yang penuh pertempuran tembak- tembakan. Yah tentu saja anda akan disuguhi adegan tembakan- tembakan yang pelurunya bisa belak belok dan beberapa adegan pembunuhan dengan nyetir mobil yang unik dan keren. Well, secara darah- darahan sih 11/12 sama Zack Snyder. Tapi adegan pembunuhan dengan nyetir mobil pada film ini dan beberapa efek unik kayak peluru belak belok tentu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi penontonnya.
17.Batman : The Dark Knight
Kalo rentang tahun 2005- 2012 gak masukin film ini ke dalam list wah kelihatan dosa banget. Jelas, film ini merupakan karya sutradara jenius Cristopher Nolan. Seorang sutradara yang memang cerdas membuat plot sebuah film. Menjadikan film yang dibuatnya begitu berarti, bermakna, dan berkesan. Nolan adalah sutradara yang mampu mematangkan dialog dan karakter menjadi begitu dalam, banyak nasehat yang dapat kita petik pada setiap film yang diciptakan si Nolan ini. Begitupun Batman TDK dengan penjahatnya si Joker ini mampu menghadirkan kisah yang berkesan, bagaimana tidak? 2012 kemarin seorang pria yang mengaku dirinya joker membabi buta menembaki penonton di Amerika saat pemutaran film Batman : The Dark Knight Rises. Pria itu berbuat semacam itu lantaran terilhami oleh film ini. Ajegile. Kalau dibandingkan B:TDKR, film ini mungkin gak seseru sequel terakhirnya itu. Namun film ini jauh memberi kesan yang mendalam bagi penontonnya dibanding semua sequel Batman yang lain. Bisa dibilang film ini merupakan karya fenomenal sepanjang tahun 2000an sampai sekarang. Kalau cuman ledak- ledakan brutal film sih film ini tak hanya menghadirkan adegan aksi itu, namun memberikan sebuah ide film kriminal tersempurna femonal pada jaman ini. So! Why So Serious? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar