Sabtu, 13 April 2013

Mimpi yang Aneh : Shalat dengan Kiblat yang Absurd


Mimpi yang Aneh : Shalat dengan Kiblat yang Absurd



Mimpi merupakan gambaran visual alam bawah sadar kita ketika kita tidur karena saat kita terlelap otak kita berada pada gelombang antara teta dan delta. Gelombang itu yang membuat memori jangka panjang dan alam bawah sadar kita tervisualisasi secara liar. Mimpi dapat tervisualisasi dari pengalaman selama kita sadar yang terekam melalui panca indra dan tersimpan di otak, namun saking banyaknya otak kita merekam kejadian membuat kita tidak sadar. Sehingga kita sering merasa melihat sesuatu yang baru pada kejadian- kejadian di dalam mimpi padahal sebetulnya pernah bertemu di alam nyata. Mimpi juga dapat terjadi berdasarkan keinginan terpendam kita di dunia nyata, nah di mimpi keinginan itu bisa saja jadi kenyataan. Istilah psikologisnya sih mimpi yang disebabkan represi. Hal yang paling mengerikan bisa juga mimpi itu sebagai pesan dari alam- alam ghoib. Well, kalau ngomongin alam ghaib ada ilmu meta fisika yang mempelajari peristiwa itu, mereka menyebutnya dengan Astral Projection atau juga bisa Sleep Paralized. Ya hanya Allah yang tahu pasti. Hehe.. Sorry2 aja kalau informasi tentang mimpi ini banyak yang salah, orang gw ngetik gini gak liat buku. Sedikitnya cuman inget- inget pas nonton film Inception. Wakakak..

Sebenarnya gw gak pengen nulis soal mimpi itu apa, tapi 4 hari yang lalu semenjak tulisan ini gw muat di blog. Mimpi gw keren bangggget. Jadi seolah- olah gw punya visualisasi akan alam bawah sadar yang liar banget saking liarnya sampai muntah- muntah.Lho, lho apaan tuh? Back to the topic -_-“.  Jadi ceritanya mimpi ini gw alami setelah gw solat subuh. Abis gw solat subuh jam, ehem jam set7 (kesiangan ya gw :D) trus gw langsung molor lagi sampai jam 9. Mangkanya rentan mimpi ini berlangsung dari jam set7 lewat dikit (gak tau gw lewat berapa) sampai jam 9. Dan selama itu gw mengalami mimpi yang luar biasa. Mau tahu cerita? Begini ceritanya…

Tettereeet terereret teteeeet tereeeet….Drung dung drung dung..  (Lw pikir pembukaan 20 century fox, jayus -_-“).  Pada suatu hari, di sebuah rumah yang indah. Rumah yang memiliki dua lantai khas rumah gw di Bekasi dan rumah itu memiliki dapur dan halaman yang luas banget khas rumah embah gw di Kartasura. Gw berada di dalam rumah itu sedang berdiri dan plok! bokap gw nepuk pundak gw dari belakang sembari berkata,”gus.. bapak punya acara tivi coba kamu tonton.” Akhirnya gw pun nonton acara yang dibuat bokap gw itu dengan seksama. Isi dari acara itu adalah sederetan video clip dari lagu- lagu yang gak gw kenal dengan khas gaya video clip amatiran. Jadi penyanyi, nyanyi- nyanyi sambil sedikit joget- joget dengan pengambilan gambar yang diambil close up diem. Gw kira video clip ini berisikan lagu- lagu yang dibawakan adek atau kakak gw tapi apa yang terjadi. Ternyata artis yang nyanyi di lagu ini gak ada yang gw kenal. Udah gitu lagunya jelek bet lagi. Ya udah, gw bete dan akhirnya gw pun pergi.

Waktu gw mau pergi, gw melihat sosok wanita yang masih asyik nonton acara tv bokap gw itu. Wanita itu berbaju merah dengan celana hitamnya, berambut panjang dan memiliki paras yang cantik untuk seukuran wanita berusia 35 tahunan. Wanita itu duduk dilantai dengan kedua kakinya ditekuk. Gak penting posisi duduknya wanita itu, yang terpenting dari kisah ini adalah ketika sosok itu ngomong beberapa kata kepada gw. Gw gak tau dia ngomong apa, Lupa. Tapi gw membalas omongan wanita itu dengan ucapan ,”IYA MA!” Gw pun berpaling wajah dan menjauh dari ruang keluarga. Baru beberapa langkah, langkah gw terhenti. Gw tersadar akan sesuatu, bahwa wanita itu..wanita itu..walaupun cantik..bukanlah MAMA, EMAK, BUNDA, IBU, ENYAK gw! Dan gw tersadar, gw punya dua MAMA..Bokap gw nikah lagi!

Sial, ternyata gw punya mama muda. Gw pun mencari mama gw yang beneran dan dia dengan santainya nyapu- nyapu di dapur. Saking paniknya gw sampai agak parno gitu dan gw pun nyari andeng- andeng mama gw untuk memastikan dia mama beneran apa enggak, dan ternyata yes ada! andeng- andengnya masih nempel di bawah hidung. Tak lama kemudian gw pun meluk dia kalau dia itu mama gw. (Kenapa gw jadi ngomong mama2 gini ya.. biasanya khan di dunia nyata gw nyebut mama gw dengan sebutan ibu.) Ya udah gw pun melanjutkan kisah gw.

Gw pun pergi ke lantai atas, rencananya gw pengen ke ruangan komputer. (Kalau di dunia nyata, gw suka ngedekem di ruangan komputer lantai 2. Ruangan itu sebetulnya semi kantor gitu tapi lagi gak ada yang kerja ya udah gw kuasain aja buat download- download film dan internetan.) Di tangga gw liat ada dua anak kecil laki- laki. Yang satu kaos biru yang satunya kaos merah. Udah gitu dua- duanya botak lagi. Yang menyebalkan mereka manggil gw mas! -_-“. Mereka berdua adalah adek tiri gw. Damn gw punya adek cowok gini, bedebah. Mereka narik- narik kaos gw nunjukan komputer di ruangan komputer yang rusak gara- gara ulah mereka. Gw liat di ruangan komputer udah ada pembantu cewek yang lagi megang piring nasi buat nyuapin makan siang si ipin upin itu. (Kalau pada saat itu gw tau itu mimpi dah gw perkosa kali tuh pembantu, bikin dongkol aja. (astagfirullah)). Ya udah akhirnya gw otak atik komputer, gw shut down dan gw tipu mereka berdua. Gw bilang ke mereka kalau komputernya rusak gak bisa dipakai. Akhirnya gw pun gak bisa internetan gara- gara tu bocah dah pada berantakin ruangan komputer, entar kalau tiba- tiba gw pakai internetan mereka tahu lagi kalau gw kibulin.

Oia pada saat itu, gw sempet- sempetnya ngomong  dalam hati kalau kasihan sebetulnya mereka berdua kalau tinggal di rumah ini. Soalnya mereka gak akan memiliki kakak yang peduli terhadap kesenangan mereka. Bahkan setiap mereka mau nyalain komputer pasti gw dah punya rencana busuk biar tuh komputer gak bisa dipakai. Sedikit kebaikan hati gw, gw biarkan mereka memainkan layang- layang milik gw di balkon lantai dua. Gw pun pergi dari rumah itu.

Trong…tong..tong..troong… Motor butut 100cc 2 tak . Motor mirip motor gw waktu semester 1 kuliah. Itulah motor butut si bravo suzuki (yah iklan deh). Body kecil hitam, knalpot sport yang bentukannya agak mirip kayak letter L, suaranya trog tong tong trooong membuat semua orang pingin nyumpahin yang ngendarain motor itu kecelakaan gara- gara suaranya kayak kaleng rombeng, plus asep motornya kayak fogging (wah obat nyamuk nih). Motor itu di mimpi gw bukanlah motor gw. Tapi motor temen gw yang jemput gw gara- gara gw bete di rumah. Temen gw ini orangnya kurus rambutnya agak gondrong. Pengen tau temen gw siapa? Dia adalah… Dia ADALAH… DIA ADALAH… DIAAAAA ADALAAAAAH……… Huff, Gw lupa namanya (-_-“) . Gara- gara gak gw catet jadinya gw lupa nama temen gw itu. Anggep aja nama temen gw Si ALEX. Ya udah gw dan ALEX pun pergi dari rumah gw. Dengan helm cetok gw melanjutkan perjalanan. Tapi karena gw tau  itu hari Jum’at akhirnya gw melanjutkan perjalanan ke sebuah gedung. Namanya masjid buat sholat Jum’at.

Allahu Akbar..Allahu Akbar.. Suara adzan berkumandang. Semua yang laki- laki wajib sholat Jum’at. Begitupun gw dan temen gw si ALEX. Tapi karena gw anak gaul, jadi gw mampir dulu nongkrong sama temen- temen gw. Daripada dengerin ceramah yang bikin ngantuk biarin aja kita masuknya nunggu khomat. (Generasi rusak -_-“) Akhirnya, gw pun nongkrong sama temen gw. Gw berbincang- bincang berempat sama temen- temen gw termasuk si ALEX. Gw nongkrong kayak di bangunan gak kepake dan gelap gitu. Gak tau itu bangunan apa yang jelas tu bangunan ada di samping masjid. Waktu ngumpul ada yang ngerokok kan dan terjadi perbincangan antara gw sama temen- temen gw.

”Eh bro.. Lw pada puasa ya hari ini?” Tanya gw. Salah seorang pun menjawab sebut saja KONAI,”iya nih puasa gus.. Tapi kayaknya gw gak tahan deh, jadinya gw tetep aja pengen makan sama minum.” “Ah dasar bego lw. Mosok cowok gak kuat puasa.” Temennya pun menyela sambil menghembuskan asap rokok, sebut saja CULAI. “Lah elu kuat puasa lai?” Tanya gw. “Iya kenapa?” jawab CULAI. “Kog elu ngerokok katanya puasa.” “Heem..Gw kan gak makan dan minum, gw cuman ngerokok. Rokok kan gak masuk ke lambung, tapi ke paru- paru.” Jawab CULAI santai. Dalam hati gw pun menjawab,”BEGO.” Asyik berbincang- bincang eh gw malah ditinggal si ALEX.  Ya udah gw susul dia, ambil wudhu dan tampaknya khomat sudah dikumandangkan.

Sebuah masjid dengan pilar- pilar artistik yang khas. Sisi atas pilar itu berbentuk setengah lingkaran dan sisi bawahnya terdapat bidang berbentuk kotak. Dinding- dinding berwarna coklat krem dan beberapa ukiran- ukiran Arab yang terbuat dari kayu. Lantai dengan keramik putih yang di shaf depannya sudah teralasi oleh sajadah hijau memanjang. Kalau orang kayak gw yang telat sih dapet barisan belakang, yah cuman dapet ubin doang. Lampu- lampu besar menempel di langit- langit dalam kubah. Imamnya pun sudah berdiri di barisan paling depan dengan sajadah dan serangkaian kabel mix. Tapi tunggu..tunggu.. Ada yang aneh dengan imamnya. Solat pun dimulai.

Allahuakbar..Bismillahirahmanirahim..Tiba- tiba semua jemaah dan imam yang semula menghadap kiblat ke barat, berpindah haluan menjadi menghadap ke utara. Alhamdullilahirabilalamin…Dan tak lama kemudian semua jema’ah beserta imam menghadap ke timur. Arrahmanirahim..Semua bergerak sehaluan menghadap ke selatan. Begitu seterusnya, setiap si imam membaca ayat kiblatnya pindah- pindah muter-muter searah jarum jam. Buset..buset..Solat macem apa ini! Yang paling anehnya lagi imamnya gak pakai baju layaknya imam ; baju koko, sarung, peci. Tapi imamnya pakai baju agama lain (Gw tau agama itu di mimpi gw tapi takut dicekal di blog jadi gak gw sebutin.hehe). Ini mah bukan imam masjid, ini imam agama apa tau gak jelas. Ya udah sepanjang solat gw gak solat, gw ketawa tawa sama mas- mas yang berdiri di samping gw.

Baru kali ini ada solat yang nyakitin, walaupun cuman mimpi. Abis solat bukannya hati tentram, malah ada bintang- bintang sama anak pitik di atas kepala gara- gara tiap ayat suruh muter-muter kiblat. Gile bener ni sebenernya kiblatnya di mana sih. Jangan- jangan nih aliran mengadopsi ajaran joget poco- poco lagi. Huff, inovasi beragama. Baru aja gw keluar dari masalah kiblat, tiba- tiba gw ketemu preman pas pingin ngambil sendal. Preman itu tidur- tiduran di teras masjid sambil maki- maki si ALEX yang lagi nyari sendalnya. Begini makiannya,,

“Heh..Bocah gw ngantuk lw jangan ganggu gw! Cari sendal di tempat lain sana!” “Maaf mas, tapi sendal saya cuman satu. Ini baru mau saya ambil.” Jawab ALEX ketakutan. “Haaah..banyak cangkem lu! Gw udah lama gak tidur siang nih. Gw tampol blonyor lu!” Mendengar gertakan itu, gw pun datang memberi bantuan. “Heh mas preman, nih saya bawa kasur!” Gak tau datengnya dari mana tiba- tiba gw megang kasur, ya udah gw kasih aja ke preman itu.”Heh bocah! Mau main- main sama saya!” Ini preman di kasur malah marah- marah maunya apa coba. “Yeh ini kasur empuk silahkan dinikmati!” Akhirnya si preman pun tidur di atas kasur tersebut.

Sarung yang sedari tadi nangkring terkalung di pundak gw akhirnya gw lipet juga. Gw bentangkan, gw lipet satu persatu dan hap tinggal lipetan terakhir. Tau deh ceritanya dari mana tiba- tiba sarung gw ke iket jadi satu sama seprai kasur yang dipake sama si preman. Mana ikatannya tali mati lagi. Si ALEX pun cuman geleng- geleng kepala. Sialan tuh ALEX malah geleng- geleng sama ngeledek bukannya nolongin gw, ntar premannya bangun di tampol benjol gw. Secara perlahan gw pun melepaskan ikatan itu yang agak menyulitkan gw.  Perkara selesai mari kita pulang!

Tiba- tiba dari belakang seorang laki- laki malah tidur- tiduran sambil menelungkup tubuhnya kedinginan. Laki- laki itu tiduran tepat di depan pintu keluar masjid. “Aduh..aduh mas,, saya pingin tiduur.. saya ngantuuuk.” Laki- laki itu memohon mohon sama gw buat dicariin kasur juga. Buset tu orang dipikir gw pedagang spring bed apa yak. “Nih, masih ada satu..Tapi lw tidurnya di depan pintu keluar ya!” Gak tau juga datengnya dari mana tiba- tiba di lantai udah ada kasur satu lagi. Akhirnya si laki- laki aneh itu tidur di depan pintu. Gw pun mengambil sendal gw dan gw liat dari kejauhan si laki- laki itu tidur sambil badannya diinjek- injek sama jemaah masjid yang lewat. Ah goblok.

Akhirnya si ALEX temen gw itu nyetarter motor, gw pun kembali memakai helm cetok dan hap gw bonceng di belakang ALEX dan siap untuk meninggalkan masjid itu. Sebelum meninggalkan masjid, ALEXpun bertanya padaku,”hei teman! Mau kemana setelah ini?” Ya udah gw jawab aja..”Mana gw tau.” Trong tong trong….. Motor melaju dan tak lama kemudian gw terbangun dari mimpi gw… TAMAT

Jadi intinya mimpi gw cuman mimpi biasa, keinginan terpendam atau semoga enggak deh.. pesan pesan dari alam ghaib.

GuDab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar